HEBAT DAN LUAR BIASA KEBERHASILAN MEDIASI PA NEGARA

Hebat dan luar biasa ini kata yang pantas kami sandangkan kepada PA Negara di tahun 2018 ini dimana angka keberhasilan mediasi cukup fantastic dengan perkara yang hanya 300 an para mediator mampu mencetak sejarah keberhasilannya. Pada tahun 2018 ini sampai pada bulan Agustus tercatat keberhasilan mediasi PA Negara adalah sejumlah 22 perkara baik yang berhasil sebagian ataupun yang berhasil dengan pencabutan.

Salah seorang hakim mediator sedang memediasi para pihak

 

Adapun daftar keberhasilan mediator PA Negara adalah sebagai berikut :

 

NoNama mediatorJumlah berhasilKeterangan
1Abdul Mustopa, SHI., MH12Sebagaian dan pencabutan
2Sondy Ari Saputra, SHI5Sebagaian dan pencabutan
3Wahib Latukaw, SHI3Sebagaian dan pencabutan
4Maya Gunarsih, SHI2Sebagaian dan pencabutan

 

Menurut laporan SIPP (system Informasi penelusuran perkara) PA Negara tercatat 17 keberhasilan Mediasi yang berhasil dengan Pencabutan, ini angka yang luar biasa dengan perkara yang hanya 300 an yang tergolong sedikit dan menempatkan PA Negara di urutan ke 2 keberhasilan Peradilan Agama se Indonesia yang sifatnya ini masih keberhasilan sementara. (Sumber SIPP)

 

Adapun jenis-jenis perkara yang telah berhasil di mediasi adalah :

  1. Perkara Waris berhasil dengan Akta Perdamaian
  2. Hak Asuh Anak berhasil dengan Akta Perdamaian
  3. Harta Gono Gini berhasil dengan Akta Perdamaian
  4. Cerai Talak berhasil dengan Akta Perdamaian
  5. Cerai Gugat berhasil dengan Akta Perdamaian

 

Para Mediator sangat bersungguh-sungguh dalam melaksanakan mediasi karena keberhasilan mediasi adalah keberhasilan bersama antara para pihak dan pengadilan. Itulah keadilan yang sesungguhnya yaitu keputusan yang dibuat adalah keputusan bersama bukan produknya seoarang pengadil atau hakim dan tidak ada yang dimenangkan dalam mediasi kedua duanya sama-sama menang ujar salah satu hakim mediator PA Negara bapak Abdul Mustopa, SHI., MH.

 

Tentunya keberhasilan ini di dukung oleh beberapa faktor yiatu para mediator yang mau suka rela dan bekerja keras dalam memediasi para pencari keadilan, kemudian dukungan sarana dan prasarana dalam mediasi yaitu menciptakan lingkungan yang nyaman utamanya dalam ruang mediasi yang dibuat sangat nyaman dengan dukungan fasilitas AC dan kulkas serta bunga-bunga didalamnya sehingga para pencari keadilan yang melakukan mediasi merasa nyaman dan betah bermediasi.

“Kita merasa nyaman dengan dukungan sarana ruangan mediasi yang baik sehingga kami para mediator tidak malas dalam memediasi para pihak” (wawancara dengan salah satu hakim mediator PA Negara Maya Gunarsih, SHI)

 

“Keberhasilan ini tidak membuat kami bangga dan terlena namun keberhasilan ini adalah motivasi bagi kami untuk terus melaksanakan mediasi dengan sebaik-baiknya sehingga keadilan tercipta dengan perdamaian di ruang mediasi”. ( Hakim Mediator PA Negara Sondy Ari Saputra, SHI)

 

“Upaya yang sungguh-sungguh dengan pendekatan dari hati ke hati itulah kunci keberhasilan kami sebagai mediator” ( Hakim Mediator PA Negara Wahin Latukaw, SHI).

 

Jadi jangan ragu para pencari keadilan khususnya yuridiksi PA Negara Bali untuk bermediasi di PA Negara karena anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dengan para mediator-mediator handal yang dimiliki oleh kami yang memang sudah tidak diragukan lagi bahkan sebagian mediator kami sudah bersertifikat.