Ketua Pengadilan Agama Negara

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji syukur ke hadirat Allah swt. atas terlaksananya pembaharuan website Pengadilan Agama Negara, serta Shalawat dan Salam kepada Nabi Muhammad saw.

Saya selaku Ketua Pengadilan Agama Negara mengucapkan “selamat datang di website Pengadilan Agama Negara”.

Website PA Negara merupakan wujud pelayanan dan media informasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan, baik di lingkungan Peradilan Agama, maupun di lingkungan umum untuk dimaksimalkan sebagai sarana konsultasi di bidang hukum dan keluarga. Pembuatan website PA Negara juga merupakan bagian dari implementasi SK KMA Nomor. 144/KMA/SK/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan yang sudah dirubah dengan SK KMA Nomor: 1-144/KMA/SK/I/ 2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Dalam website PA Negara terdapat informasi tentang Profil Pengadilan, Program dan Kegiatan Pimpinan PA Negara, Pusat Pengaduan, Pusat Konsultasi Hukum bagi masyarakat umum, Keterbukaan Informasi Perkara, Keterbukaan Informasi di Bidang Keuangan, serta Informasi-informasi di Bidang Hukum, seperti : Prosedur berperkara, hak-hak para pencari keadilan, upaya hukum, bantuan hukum, dan informasi-informasi lainnya.

Dalam website PA Negara ini juga terdapat aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara yang dikenal dengan sebutan SIPP. Aplikasi SIPP mencakup segala hal yang berkaitan dengan seluruh perkara yang sedang berproses di Pengadilan, diantaranya: jadwal sidang, majelis hakim, histori dan statistik perkara, dll. Semua ini dibentuk untuk memudahkan masyarakat umum memperoleh informasi perkara dan sebagai wujud transparansi Pengadilan Agama Negara.

Saya selaku Ketua Pengadilan Agama Negara berharap semoga website ini dapat mendukung terwujudnya Visi & Misi Pengadilan Agama dan Mahkamah Agung RI serta tercapainya Modernisasi Pengadilan di Indonesia yang mampu memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia.

Terimakasih,

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Drs. Mokh. Akhmad, S.H., M.HES.