Seputar Peradilan

Rapat Pembinaan Pegawai Oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Negara 1

Senin, 2 September 2019, dilaksanakan Rapat Pembinaan Rutin Ketua Pengadilan yang dihadiri oleh seluruh pegawai dan hakim Pengadilan Agama Negara. Rapat yang bertempat di Ruang Sidang 1 ini dimulai tepat pukul 08.30 dengan agenda sosialisasi kegiatan Pembinaan Teknis Judicial dan Kebijakan DITJEN BADILAG MA RI, yang merupakan bagian dari rangkaian Acara Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama NTB di Mataram, 24-26 Agustus lalu.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Negara, Dr. Imran, S.Ag., M.H., ini membahas mengenai beberapa teknis judicial dan kebijakan dari Ditjen Badilag MA RI berupa mendahulukan peraturan/penetapan dari Mahkamah Agung dibanding teori-teori hukum ketika ada pertentangan diantara keduanya dalam memutuskan perkara peradilan, menggunakan putusan/penetapan dari Mahkamah Agung sebagai acuan ketika menemukan perkara yang serupa, dan menghindari praktik Ultra Petita dalam memutus perkara peradilan.

Rapat Pembinaan Pegawai Oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Negara

Selain sosialisasi agenda teknis judicial dan kebijakan tsb, Dr. Imran, S.Ag., M.H., juga menekankan pentingnya kedisiplinan dan ketelitian dalam proses administrasi perkara, terutama bagi Juru Sita dan Juru Sita Pengganti, dimana menurut beliau, akan sangat mudah terlewat/terlupa dalam menginput Relaas Panggilan ke SIPP, yang menyebabkan rapor kinerja SIPP Pengadilan Agama Negara tidak maksimal.

Rapat Pembinaan Pegawai Oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Negara 2