Seputar Peradilan

Seurveillance Asessor Eksternal APM dari PTA Mataram 1

Pada Rabu, 6 November 2019, Surveillance (pemeriksaan) dalam rangka Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Peradilan Agama Negara Tahun 2019 dilaksanakan oleh Tim Assesor Eksternal Pengadilan Tinggi Agama Mataram di Pengadilan Agama Negara. Pemeriksaan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja dan mutu pelayanan Pengadilan Agama Negara yang sudah berpredikat “A Excellent” pada Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tahun 2018 lalu.

Baca : Pencanangan Zona Integritas di Pengadilan Agama Negara

Baca : Rapa Closing Asessment Internal APM PA Negara

Baca : Pembinaan Pegawai dilingkungan Pengadilan Agama Negara Oleh Wakil Ketua

Tim Assesor yang dipimpin oleh Panitera PTA Mataram, H. Ma’sum Usman, S.H., M.H., ini memeriksa sejumlah dokumen dan kondisi fisik Pengadilan Agama Negara yang berkaitan dengan 7 (tujuh) kriteria Indonesia Court Performance Excellent (ICP-E), yaitu:

  1. Kepemimpinan (Leadership)
  2. Manajemen Proses (Process Management)
  3. Fokus Pelanggan (Customer Focus)
  4. Perencanaan Strategis (Strategic Planning)
  5. Manajemen Sumber Daya (Resource Management)
  6. Sistem Dokumen (Document System)
  7. Hasil Kerja (Performance Result)

Tim Assesor juga turut memeriksa langsung pelayanan yang diberikan PTSP Pengadilan Agama Negara pada pencari keadilan dengan mewawancarai langsung petugas PTSP maupun masyarakat yang ingin mendaftarkan perkara di Pengadilan Agama Negara.

Seurveillance Asessor Eksternal APM dari PTA Mataram 2

Setelah pemeriksaan yang cukup lama dan mendetail, Tim Assesor pun melakukan expose hasil pemeriksaan dihadapan pegawai, Hakim dan pejabat struktural Pengadilan Agama Negara. Tim Assesor menjelaskan pentingnya Budaya Kerja 3S (Senyum, Salam, Sapa) dan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dalam melayani masyarakat pencari keadilan. Tim Assesor yang dipimpin Panitera PTA Mataram pun memuji petugas PTSP Pengadilan Agama Negara yang sudah menerapkan Budaya Kerja tersebut dalam melayani masyarakat pencari keadilan.

Seurveillance Asessor Eksternal APM dari PTA Mataram 3

Secara umum, kinerja dan mutu pelayanan Pengadilan Agama Negara sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan, namun pada beberapa kriteria masih ada yang perlu ditingkatkan dan disempurnakan.  Kekurangan-kekurangan tersebut tertuang dalam Kontrak Kinerja yang harus ditindaklanjuti dalam 1 (satu) bulan kedepan agar predikat “A Excellent” dapat diperoleh kembali pada tahun ini.