Seputar Peradilan

Rapat Sosialisasi Hasil Pembahasan 9 Aplikasi Inovasi Badilag di PA Negara 2

Senin, 25 November 2019, Pengadilan Agama Negara mengadakan rapat pembinaan rutin dengan agenda sosialisasi pertemuan pimpinan pengadilan sewilayah Bali dan NTB dengan Bapak Dirjen Badilag pada 22 November 2019 lalu di Bima dengan agenda laporan perkembangan 9 aplikasi inovasi Badilag, Nusa Tenggara Barat. Rapat dilaksanakan pukul 08.00 WITA di ruang sidang utama Pengadilan Agama Negara dan dihadiri oleh seluruh hakim, pegawai struktural dan fungsional, serta tenaga honorer Pengadilan Agama Negara.

Dalam paparannya, Dr. Imran, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Negara, menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Pengadilan Agama Negara yang berhasil memperoleh peringkat terbaik ke-2 dalam pengelolaan Website Pengadilan dan peringkat terbaik ke-2 dalam serapan anggaran DIPA 01 dan 04 dari pengadilan-pengadilan sewilayah Bali dan NTB. Beliau juga mengapresiasi tim IT Pengadilan Agama Negara yang sudah berhasil menerapkan seluruh 9 Aplikasi Unggulan Badilag di Pengadilan Agama Negara.

Rapat Sosialisasi Hasil Pembahasan 9 Aplikasi Inovasi Badilag di PA Negara 1

Apresiasi juga diungkapkan untuk tim pelayanan PTSP Pengadilan Agama Negara yang kualitas pelayanannya mendapat pujian dari Bapak Dirjen Badilag pada pertemuan dengan pimpinan pengadilan seluruh Bali dan NTB di Bima lalu.

Meski demikian, Beliau menyampaikan Pengadilan Agama Negara masih harus bekerja keras karena rapor penanganan perkara berdasarkan SIPP Pengadilan Agama Negara masih belum mencapai peringkat 10 besar. Meskipun sudah memperoleh nilai akhir 85 dan berada dalam kategori hijau, penanganan perkara masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal waktu proses perkara agar satu perkara dapat diselesaikan tidak lebih dari 1 bulan. Hal itu, menurut beliau, merupakan bukti konkrit untuk meingkatkan pelayanan peradilan di Pengadilan Agama Negara.