Seputar Peradilan

Angka Keberhasilan Mediasi yang Fantastis Mari Berdamai di Pengadilan Agama Negara 3

Sekali lagi di tahun 2019 Pengadilan Agama Negara telah membuktikan menjadi Pengadilan Agama terdepan dalam kepiawaannya menyelesaikan proses mediasi. Dengan angka keberhasilan mediasi yang sangat luar biasa menempatkan Pengadilan Agama Negara merupakan salah satu Pengadilan Agama yang konsen pada perdamaian para pihak melalui proses mediasi.

Dari 63 Perkara yang dimediasi oleh para Mediator Pengadilan Agama Negara, 43 perkara dapat diselelesaikan dengan baik dengan total presentase 68 % keberhasilan Pengadilan Agama Negara.

Angka Keberhasilan Mediasi yang Fantastis Mari Berdamai di Pengadilan Agama Negara 1

foto Bersama para pihak mediasi berhasil dengan senyuman

Sangat fantastis sekali karena perkara yang masuk pada tahun 2019 sampai pada tanggal 3 Desember 2019 hanya sejumlah 281 perkara, dari angka perkara yang masuk tersebut sejumlah 32 perkara telah dicabut karena berhasil didamaikan dalam proses mediasi.

Dengan tingginya angka pencabutan tersebut ini menandakan bahwa proses mediasi di PA Negara mencapai keberhasilan yang luar biasa.

Data Mediator dan keberhasilan mediasi

No

Nama Mediator

Perkara

Dimediasi

Berhasil /Cabut

Berhasil
sebagian

Tidak berhasil

%

1

Abdul Mustopa

32

24

2

6

81 %

2

Rajabudin

25

8

6

11

56 %

3

Sondy Ari Saputra

6

-

3

3

50 %

Tabel di atas telah membuktikan bahwa para Mediator Pengadilan Agama Negara sangat produktif dan handal serta piawai dalam memediasi para pihak, dari total perkara yang dimediasi para mediator rata2 bisa menyelesaikan proses mediasi hingga berhasil mencapai angka 50 % ke atas. Bahkan ada mediator yang mencapai angka keberhasilan 81 % dengan angka pencabutan mencapai 24 perkara.

Baca: Prestasi pengadilan agama negara di tahun 2019

Kini Pengadilan Agama Negara bukan hanya semata-mata memutuskan perkara para pihak yang bersengketa namun image tersebut telah berubah bahwa Pengadilan Agama Negara adalah tempat untuk mendamaikan para pihak. Bagaimana tidak dari total 281 perkara yang masuk, 32 perkara berhasil dengan pencabutan atau dicabut, ini menandakan bahwa Pengadilan Agama Negara telah berhasil membawa misi Pengadilan Agama Negara menjadi Pengadilan yang bermartabat dan akuntable.

Angka Keberhasilan Mediasi yang Fantastis Mari Berdamai di Pengadilan Agama Negara 4

Mediator Rajabudin, Pose Bersama pihak yang berdamai

Data persentase mediasi Pengadilan Agama Negara

No

Proses Mediasi

Total Perkara

Persentase

1

Mediasi berhasil

43

68 %

2

Berhasil cabut

32

51 %

3

Berhasil sebagai

11

17 %

4

Tidak berhasil

20

32 %

Dibawah kepemimpinan Wakil Ketua Dr. Imran, S,Ag., MH Pengadilan Agama Negara terus menoreh prestasi termasuk prestasi dalam proses mediasi ini dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para pihak untuk  melakukan proses mediasi yang dibantu oleh Mediator Pengadilan Agama Negara.

Beliau telah mengapresiasi para mediator serta memberikan penghargaan atas capaian tersebut yang disampaikan secara langsung pada rapat bulanan PA Negara.

Berikut penulis tampiilkan para komentar Mediator PA Negara ;

“Tidak semua masalah harus diselesaikan dengan perceraian, namun lebih indah diselesaikan dengan perdamaian, karena damai itu indah”

(Mediator Rajabudin, SHI)

“Masalah itu bukan untuk dihindari namun diselesaikan dan dicarikan solusinya, mediasi sarana yang sangat nyaman untuk menyelesaikan masalah, mari bermediasi untuk mencari solusi”

(Mediator Abdul Mustopa, SHI., MH)

Selamat dan sukses untuk Pengadilan Agama Negara.