Seputar Peradilan

Rapat Evaluasi Kinerja Tahunan 2019 dan Rencana Strategis Tahun 2020 1

Di Penghujung Tahun 2019, Pengadilan Agama Negara melaksanakan Rapat Evaluasi Kinerja dan Rencana Strategis Tahun 2020 sekaligus Pembahasan DIPA 2020 pada hari Selasa, 17 Desember 2019. Selain sebagai agenda rutin bulanan, rapat ini juga menjadi agenda rutin tahunan dalam mengevaluasi kinerja yang telah dicapai di tahun berjalan sekaligus mempersiapkan penyusunan Laporan Tahunan. Rapat dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Negara, Jam’ul Jawami, S.E., S.H. dan kemudian dilanjutkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama, Dr. Imran, M.H. Secara bergantian, jajaran pejabat struktural Pengadilan Agama Negara menyampaikan Evaluasi kinerja yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

Baca: Angka Keberhasilan Mediasi yang Fantastis, Mari Berdamai di Pengadilan Agama Negara

Beberapa hal penting yang menjadi sorotan pada rapat evaluasi kali ini adalah peringkat SIPP Pengadilan Agama Negara yang nilainya belum memuaskan padahal beberapa upaya sudah dilakukan, seperti pemberitahuan pada pihak terkait ketika ada perkara yang belum diminutasi dan diunggah putusannya pada hari yang sama ketika perkara itu diputus, serta proses persidangan yang diusahakan tidak melebihi 1 bulan. Tim IT menduga ada beberapa perkara terdahulu yang belum sinkron dengan SIPP pusat sehingga data SIPP Pengadilan Agama Negara yang seharusnya sudah tuntas, terbaca masih belum lengkap.

Rapat Evaluasi Kinerja Tahunan 2019 dan Rencana Strategis Tahun 2020 3

Selain permasalahan SIPP, kondisi jaringan internet kantor yang masih belum stabil juga menjadi perhatian karena kondisi ini mengganggu kinerja hakim dan proses pelayanan perkara. Mahkamah Agung sendiri sudah menganggarkan dana yang cukup besar untuk perbaikan kualitas jaringan internet di Pengadilan-Pengadilan di seluruh Indonesia, namun ternyata penyedia layanan internet di Pengadilan Agama Negara masih belum siap, baik secara kualitas pelayanan maupun fasilitas yang diberikan.

Rapat Evaluasi Kinerja Tahunan 2019 dan Rencana Strategis Tahun 2020 2

Seluruh permasalahan yang diungkapkan pada rapat kinerja ini dibahas bersama dan dicarikan solusi terbaik bagi kepentingan bersama dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh Pengadilan Agama Negara pada tahun 2020. Untuk itu, sebagai kelanjutan rapat evaluasi ini, Pengadilan Agama Negara akan mengadakan rapat terbatas untuk membahas teknis dan prioritas penyaluran anggaran yang akan dilakukan pada 2020 mengingat Pengadilan Agama Negara ingin mencapai predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) pada tahun 2020.