SELAMAT DATANG DI PENGADILAN AGAMA NEGARA-BALI || Thursday, 24 September 2020

Seputar Peradilan

Pelantikan Wakil Ketua dan Pengantar Alih Tugas Mantan Ketua Pengadilan Agama Negara1

Senin, 7 September 2020. Pagi ini Pengadilan Agama Negara melaksanakan Apel Senin Pagi yang sudah dilakukan secara rutin setiap pekan. Namun ada yang berbeda pada pelaksanaan Apel Senin Pagi kali ini. Bpk. Abd. Aziz Ali Ramdlani, S.H.I. selaku Pembina Apel memanggil Bpk. Mustakim, driver Pengadilan Agama Negara untuk maju ke depan, kemudian beliau memberikan ponselnya dan meminta Pak Mustakim untuk membaca sesuatu yang ternyata adalah Hadits Arba’in An-Nawawi.

Awalnya karena terkejut dan belum siap, Pak Mustakim terbata-bata membaca Hadits ke 3 dari kumpulan Hadits Arba’in An-Nawawi tersebut, namun dengan semangat beliau terus membaca Hadits tersebut beserta artinya hingga tuntas. Bpk. Abd. Aziz pun mengapresiasi semangat Pak Mustakim dan memberikan sedikit uang jajan kepada beliau yang diterima dengan senyuman lebar.

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ ” رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ “

Dari Abu ‘Abdurrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhuma, ia mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; menunaikan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji ke Baitullah; dan berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 8; Muslim, no. 16].

Pelantikan Wakil Ketua dan Pengantar Alih Tugas Mantan Ketua Pengadilan Agama Negara

Hadits ke 3 dari kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi ini berisi tentang lima hal yang membangun pondasi berislam. Dijelaskan oleh Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah, yang dimaksud dengan hadits di atas, Islam itu dibangun di atas lima perkara seperti tiang untuk suatu bangunan. Juga yang dimaksud dengan tiang tersebut adalah tiang pokok artinya kalau tidak ada tiang tersebut, tidak mungkin berdiri suatu bangunan. Adapun selain rukun Islam tadi adalah bagian penyempurna. Artinya, jika penyempurna tersebut tidak ada berarti ada kekurangan pada bangunan tersebut. Namun itu berbeda kalau tiang pokoknya tadi tidak ada. Jelas, Islam seseorang jadi batal jika semua rukun Islam tadi tidak ada. Ini tak ada lagi keraguan. Begitu pula ketika dua kalimat syahadatnya tidak ada, Islam juga jadi hilang.

Oleh karena itu, dalam Apel Senin Pagi ini, Bpk. Abd. Aziz mengajak seluruh warga Pengadilan Agama Negara untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan Rukun Islam dengan cara mengerjakan shalat di awal waktu, menunaikan zakat bagi yang berkewajiban, dan menjaga kesempurnaan syahat dengan menjauhi maksiat. Beliau mengingatkan para warga pengadilan untuk bersikap tawazun, menjaga keseimbangan antara urusan dunia dan ibadah untuk akhirat. Beliau berharap kerja keras yang kita semua lakukan dalam bekerja sehari-hari dapat bernilai pahala di akhirat nanti.

 

 


Hubungi Kami

Pengadilan Agama Negara

Alamat : Jl. Ngurah Rai No.122, Dauhwaru, Kec. Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali 82218

Telephone /Fax: (0365) 41192 / 43585

Email : panegarabali@gmail.com

Website Resmi : www.pa-negara.go.id

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Bali