SELAMAT DATANG DI PENGADILAN AGAMA NEGARA-BALI || Wednesday, 01 December 2021

Seputar Peradilan

Monitoring dan Evaluasi di Bagian Kepaniteraan Pengadilan Agama Negara

Rapat Kepaniteraan terkait Monev Kinerja Bagian Kepaniteraan pada hari Kamis, 25 November 2021 dihadiri oleh Hakim, Panitera, Panmud Hukum, Panmud Gugatan, Panmud Permohonan, APP, Jurusita, JSP, dan petugas PTSP. Agenda rapat dilaksanakan di ruang sidang utama pada pukul 10.00-12.15 WIB. Agenda rapat dipimpin oleh Panitera. Berikut hasil rapat Monev Kepaniteraan hari ini:

  • Laporan perkara masuk selama tahun 2021: perkara gugatan 238 perkara, perkara Permohonan 66 perkara, dan perkara yang putus samapai hari ini Gugatan 283 perkara dan Permohonan 64 perkara. Sementara untuk perkara yang berhasil dimediasi 21 perkara dan yang tidak berhasil dimediasi 34 perkara.
  • Perkara E-Court 16 perkara dan E-Litigation 2 perkara. Perkara Banding 2 perkara dan 1 Kasasi.
  • Penilaian SIPP dari dirjen Badilag per oktober PA Negara meraih peringkat 54 dan di bulan November naik ke peringkat 52 dengan prosentasi 98,72;
  • Perbandingan perkara di tahun 2020 vs 2021 bahwa perkara Gugatan pada tahun 2021 menurun sedangkan Permohonan mengalami kenaikan dengan isu perkara terbanyak yaitu dispensasi kawin;
  • Ketua PA Negara menyampaikan bahwa kita sebagai pelayan masyarkat untuk memberikan pelayanan terkait prodak hukum dan kepuasan pelayanan kepada masyarakat yang merupakan kewajban kita dan hak masyarakat pencari keadilan, karena jika dilihat dari angka ketidakpuasan masyarakat masih ada 3% masyarakat yang kurang puas sehingga menjadi evaluasi bagi kita dan menjadi ukuran instropeksi kinerja kita;
  • Agenda bulan November-Desember yang akan kita hadapi yaitu: Pembinaan dan PTWP di PTA Mataram;
  • Sesuai SK Badilag menghimbau kepada pengadilan untuk memproses perkara dengan cepat sehingga dapat diputus dalam waktu yang cepat;
  • Para panitera dan panmud untuk melakukan Validasi harian agar tetap disiplinkan setiap harinya;
  • PA Negara berharap tahun 2022 memiliki POSBAKUM sehingga kita tidak banyak terlibat dalam hal pembuatan surat gugatan;
  • Terkait gugatan mandiri masih banyak kekurangan dalam substansi, formulasi gugatan kurang snkron antara posita dengan petitum;
  • Pelaksanaan SEMA No 2 tahun 2019 terkait hak-hak perempuan dan anak agar dilaksanakan dan dicantumkan dalam surat gugatan serta pemeberian pengertian kepada masyarakat;
  • Teknis yudisial dan hukum acara sudah berjalan dengan baik namun perlu evaluasi dan ketelitian dalam surat gugatan dan BAS yang merupakan jantung  berkas pada persidangan;
  • Pelaksanaan pemanggilan oleh JS/JSP untuk dilaksanakan dengan optimal dan jangan dilakukan di meja I PTSP dihari pendaftaran;
  • SOP untuk pembuatan gugatan mandiri perlu dibuat dan diarahkan kepada seluruh petugas PTSP yang bertugas langsung membuatkan surat gugatan/permohonan para pihak;
  • Format BAS untuk disempurnakan Kembali di aplikasi APS;
  • Terkait laporan PNBP untuk dilaksanakan dan dilaporkan setiap hari agar ada keselarasan antara bendahara kepaniteraan dengan bendahara penerimaan di kesekretariatan;
  • Target nilai SIPP di tahun 2022 untuk mengejar prestasi tidak harus di angka 100 namun cukup di angka 95 dengan harapan tetap mendapat peringkat 1 dengan menggunakan trik waktu putus dan jangka waktu putus perkara tidak lebih dari 30 hari;

monev kepaniteraan1

 

monev kepaniteraan2

Rapat Kepaniteraan terkait Monev Kinerja Bagian Kepaniteraan pada hari Kamis, 25 November 2021 dihadiri oleh Hakim, Panitera, Panmud Hukum, Panmud Gugatan, Panmud Permohonan, APP, Jurusita, JSP, dan petugas PTSP. Agenda rapat dilaksanakan di ruang sidang utama pada pukul 10.00-12.15 WIB. Agenda rapat dipimpin oleh Panitera. Berikut hasil rapat Monev Kepaniteraan hari ini:

1.       Laporan perkara masuk selama tahun 2021: perkara gugatan 238 perkara, perkara Permohonan 66 perkara, dan perkara yang putus samapai hari ini Gugatan 283 perkara dan Permohonan 64 perkara. Sementara untuk perkara yang berhasil dimediasi 21 perkara dan yang tidak berhasil dimediasi 34 perkara.

2.       Perkara E-Court 16 perkara dan E-Litigation 2 perkara. Perkara Banding 2 perkara dan 1 Kasasi.

3.       Penilaian SIPP dari dirjen Badilag per oktober PA Negara meraih peringkat 54 dan di bulan November naik ke peringkat 52 dengan prosentasi 98,72;

4.       Perbandingan perkara di tahun 2020 vs 2021 bahwa perkara Gugatan pada tahun 2021 menurun sedangkan Permohonan mengalami kenaikan dengan isu perkara terbanyak yaitu dispensasi kawin;

5.       Ketua PA Negara menyampaikan bahwa kita sebagai pelayan masyarkat untuk memberikan pelayanan terkait prodak hukum dan kepuasan pelayanan kepada masyarakat yang merupakan kewajban kita dan hak masyarakat pencari keadilan, karena jika dilihat dari angka ketidakpuasan masyarakat masih ada 3% masyarakat yang kurang puas sehingga menjadi evaluasi bagi kita dan menjadi ukuran instropeksi kinerja kita;

6.       Agenda bulan November-desember yang akan kita hadapi yaitu: Pembinaan dan PTWP di PTA Mataram;

7.       Sesuai SK Badilag menghimbau kepada pengadilan untuk memproses perkara dengan cepat sehingga dapat diputus dalam waktu yang cepat;

8.       Para panitera dan panmud untuk melakukan Validasi harian agar tetap disiplinkan setiap harinya;

9.       PA Negara berharap tahun 2022 memiliki POSBAKUM sehingga kita tidak banyak terlibat dalam hal pembuatan surat gugatan;

10.   Terkait gugatan mandiri masih banyak kekurangan dalam substansi, formulasi gugatan kurang snkron antara posita dengan petitum;

11.   Pelaksanaan SEMA No 2 tahun 2019 terkait hak-hak perempuan dan anak agar dilaksanakan dan dicantumkan dalam surat gugatan serta pemeberian pengertian kepada masyarakat;

12.   Teknis yudisial dan hukum acara sudah berjalan dengan baik namun perlu evaluasi dan ketelitian dalam surat gugatan dan BAS yang merupakan jantung  berkas pada persidangan;

13.   Pelaksanaan pemanggilan oleh JS/JSP untuk dilaksanakan dengan optimal dan jangan dilakukan di meja I PTSP dihari pendaftaran;

14.   SOP untuk pembuatan gugatan mandiri perlu dibuat dan diarahkan kepada seluruh petugas PTSP yang bertugas langsung membuatkan surat gugatan/permohonan para pihak;

15.   Format BAS untuk disempurnakan Kembali di aplikasi APS;

16.   Terkait laporan PNBP untuk dilaksanakan dan dilaporkan setiap hari agar ada keselarasan antara bendahara kepaniteraan dengan bendahara penerimaan di kesekretariatan;

Terget nilai SIPP di tahun 2022 untuk mengejar prestasi tidak harus di angka 100 namun cukup di angka 95 dengan harapan tetap mendapat peringkat 1 dengan menggunakan trik waktu putus dan jangka waktu putus perkara tidak lebih dari 30 hari;



"K E R E N"
"Kreatif Efektif Responsif Energik Netral"
"No Korupsi, No Gratifikasi"

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Negara

Alamat : Jl. Ngurah Rai No.122, Dauhwaru, Kec. Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali 82218

Telephone /Fax: (0365) 41192 / 43585

Email : panegarabali@gmail.com

Website Resmi : www.pa-negara.go.id

Tautan Aplikasi