SELAMAT DATANG DI PENGADILAN AGAMA NEGARA-BALI || Tuesday, 28 June 2022

Seputar Peradilan

PENGAWASAN DAN PEMBINAAN HAKIM TINGGI PENGAWAS DAERAH PTA MATARAM DI PENGADILAN AGAMA NEGARA 

         Pengadilan Agama Negara kelas II telah dilaksanakan pembinaan dan pengawasan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Mataram yaitu Dr. H. Acep Saifuddin, SH., M.Ag. dan Drs. H. Anang P, S.H., M.H. yang berlangsung pada tanggal 13-14 Juni 2022. Pengawasan dan Pembinaan yang dilakukan oleh Tim PTA Mataram ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan ketertiban tata kelola dan laksana administratif hingga teknis dalam pelaksanaan tugas di Lingkungan PTA Mataram. Pengawasan juga merupakan salah satu tugas dan fungsi Pengadilan Tinggi Agama sebagai voorpost Mahkamah Agung di daerah yang mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawsan atas pelakasanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris dan Jurusita di daerah hukumnya.

        Pengawasan dilakukan dibidang administrasi baik kepaniteraan maupun kesekretariatan. Hasil pengawasan ini menjadi bahan untuk perbaikan Pengadilan Agama Negara kedepannya. Dalam kunjungan sekaligus pengawasan ini tim dari PTA Mataram berkeliling melihat kantor PA Negara, memeriksa dokumen-dokumen dan eviden lainnya. Objek pengawasan dan pembinaan adalah (1) Manajemen Peradilan, yang terdiri dari Program kerja, Pelaksanaan/pencapaian target, Evaluasi kegiatan (2) Administrasi Perkara, mencakup Prosedur penerimaan perkara, Prosedur penerimaan permohonan banding, Prosedur penerimaan permohonan kasasi, Prosedur penerimaan permohonan peninjauan kembali, Keuangan perkara, Pemberkasan perkara dan kearsipan serta Pelaporan (3) Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan, yang terdiri dari Sistem pembagian perkara dan penentuan majelis hakim, Ketepatan waktu pemeriksaan dan penyelesaian perkara, Minutasi perkara, serta Pelaksanaan putusan(eksekusi) (4) AdministrasiUmum,meliputi Kepegawaian, Keuangan, Inventaris, Perpustakaan, tertib persuratan dan perkantoran serta yang terakhir adalah (5) Kinerja Pelayanan Publik yang mencakup dua aspek yaitu Pengelolaan manajemen dan Mekanisme pengawasan.

        Agenda akhir yaitu pemaparan hasil temuan Tim Pengawas serta dilakukan juga sesi pembinaan kepada seluruh apparat PA Negara yang dilaksanakan di ruang siding utama PA Negara dihadiri oleh Ketua PA Negara, Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh pegawai PA Negara.

        Semoga dengan adanya Pengawasan dan Pembinaan dari Tim Pengawas PTA Mataram, kami selaku aparatur Pengadilan Agama Negara dapat berbenah untuk melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat para pencari keadilan di wilayah hukum PA Negara.

 

hatiwasda 2022 1

hatiwasda 2022 2

hatiwasda 2022 3



"K E R E N"
"Kreatif Efektif Responsif Energik Netral"
"No Korupsi, No Gratifikasi"

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Negara

Alamat : Jl. Ngurah Rai No.122, Dauhwaru, Kec. Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali 82218

Telephone /Fax: (0365) 41192 / 43585

Email : panegarabali@gmail.com

Website Resmi : www.pa-negara.go.id

Tautan Aplikasi

Accessibility Menu                               (Esc)
Logo
Powered by: Adally.com